Minggu, 07 Agustus 2011

SMA PGRI 4 Denpasar Borong Juara Lomba Mendongeng Se-Bali

Denpasar (Bali Post) -
Prestasi siswa SMA PGRI 4 Denpasar tak tertandingi di lomba mendongeng antar-SMA/SMK se-Bali di Fakultas Sastra Unud. Siswa SMA PGRI 4 Denpasar memborong juara I dan III di ajang bengengsi Sastra Reader Competition 2010.



Juara I dipersembahkan oleh Ni Putu Juniari, siswa kelas II IPA-2. Juara III diraih Kadek Bagus Padmaningrat (kelas II IPA-1). Putu Juniari mengatakan ia pede mengalahkan 26 pesaing se-Bali, termasuk SMA negeri favorit di Denpasar. Ia mendongeng cerita ''Timun Emas'' bersama dengan Bagus. Pesan yang disampaikannya sangat padat yakni pantang menyerah menghadapi masalah, menyukuri karunia Tuhan dan selalu mencoba tantangan.

Di lomba mendongeng, Juniari yang Ketua Jurnalis ''Guna Widya'' ini baru pertama kali mendapat juara, sedangkan di lomba pidato bahasa Bali meraih juara I di PSR dan HUT PGRI di Denpasar dan juara I di dharma wecana PSR Denpasar. ''Saya sangat puas baru kali ini bisa mengalahkan duta SMA negeri,'' ujarnya.

Pembina Ekstra Jurnalistik Drs. Ketut Maliarsa menjelaskan siswanya disiapkan secara mendadak, namun dijamin kemampuannya karena kedua anak ini sangat berbakat. Selain itu, siswa SMA PGRI 4 Denpasar juga sukses di lomba Pandu Trisma Cup yakni meraih juara II di lomba cerdas tangkas (LCT) dan juara III di PBB. ''Syukur dapat meraih juara di SMAN 3,'' ujar Maliarsa didampingi Ketua OSIS I Gusti Ngurah Agung Supala.

Ketut Maliarsa yang juga Wakasek Kesiswaan SMA PGRI 4 Denpasar ini selalu mengikutkan siswanya di tiap event untuk menggali pengalaman, karena SMA PGRI 4 memiliki konsep ''Tak pernah ikut ujian tak mungkin lulus''.

Kepala SMA PGRI 4 Denpasar, I Ketut Sutirta,S.Pd. M.M., mengatakan ini prestasi luar biasa, berkat pembinaan dari guru. Di samping siswa SMA PGRI ini dikenal ulet belajar dan membaca sehingga bisa mengalahkan sekolah lainnya.

Ke depan SMA PGRI 4 Denpasar, dikatakan Sutirta dan Maliarsa, akan mengikuti kegiatan akademik dan non-akademik. Diharapkan SMA PGRI 4 bisa berkembang dengan adanya gedung baru di Jalan Kenyeri. Gedung baru dipakai untuk les persiapan UN dan UMPT.

Pembinaan di SMA PGRI 4 diutamakan pendidikan karakter, di mana menonjolkan Tri Disiplin yakni waktu, kerja dan tanggung jawab. Disiplin ini kunci mengukir prestasi. Mereka diarahkan jangan berusaha menjadi orang sukses namun berusahalah menjadi orang berharga. Sebab, orang sukses belum tentu berharga, orang berharga pasti sukses. (025)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites